Wednesday 26 March 2014

Wibialwis 09:03
Optimasi Seo On Page-Setelah dalam postingan kemarin saya telah mencoba menjelaskan tentang optimasi Seo Off Page, kali ini saya akan mencoba menjelaskan kepada anda beberapa tips dan cara seo yang banyak dilakukan oleh para webmaster dalam usaha optimasi blog mereka.

Cara melakukan optimasi SEO Onpage pada blog sebenarnya sangat mudah jika Anda sudah punya pengetahuannya. Berbeda dengan optimasi Offpage, biarpun anda sudah mempunyai pengetahuannya, tetap saja eksekusinya akan sulit dilakukan.

Jangan pindahkan bacaan anda selain hanya di blog SEO Simple saja karena disini saya juga nanti akan memberikan tutorial bagaimana menjadi master blog hanya dalam hitungan menit yang bisa menambah referensi pengetahuan anda tentang seluk beluk seo untuk dapat menjadi seorang webmaster.

Optimasi SEO atau Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor-faktor SEO onpage agar mesin pencari mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.

Kenapa optimasi ini harus dilakukan? Supaya mesin pencari tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan saudara memahaminya kita umpamakan saja seperti ini: ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan? Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting....

Sistem atribut inilah yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web.... Mungkin sekarang teman-teman bertanya apa saja atribut seo onpage itu?

Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage

Perhatikan....berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
  • Title tag
  • Meta Description
  • URL
  • Judul Halaman <h1>
  • Judul Artikel <h2>
  • Sub Judul Dalam Artikel <h3>
  • Cetak tebal/miring <b> atau <i>
  • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu.... Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya...

Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut....

Berikut ini yang perlu anda ketahui tentang faktor faktor yang mempengaruhi seo onpage diantaranya :

1. Pemilihan Template yang seo friendly

Gunakan template SEO-friendly. Untuk menggunakan template blog yang seo friendly ini, di internet banyak sekali anda akan mendapatkan teplate seo friendly, silahkan anda download dan gunakan sebagai template blog anda.

2. Konten Halaman.

Konten halaman sangat berpengaruh dalam penerapan cara seo onpage dimana isi dari setiap halaman harus mengadung minimal dua unsur kekuatan seo diantaranya judul artikel, isi artikel dan link antar halaman. Jadi anda harus pandai dalam membuat konten yang baik karena dengan konten yang baik akan membuat blog anda layak untuk ditempatkan diposisi terbaik di search engine.

Sumber yang layak dipercaya kaitannya bagaimana melakukan teknik dan cara seo onpage ini memberikan sedikit gambaran bagaimana membuat konten halaman yang baik dan disini saya akan tampilkan dalam bentuk gambar.

sumber : http://moz.com/blog/visual-guide-to-keyword-targeting-onpage-optimization

dari gambar tersebut jelas terlihat bahwa untuk membuat konten halaman yang baik di mata search engine anda harus memperhatikan hal hal berikut, diantaranya :

1. Masukkan Kata Kunci Dalam Judul, usahakan untuk pembuatan judul selipkan kata kunci yang anda inginkan. Dalam kasus di atas kata kunci yang ditargetkan adalah Chocolate Donuts, maka dalam judul harus ada muncul kata kunci Chocolate Donuts tersebut (lihat gambar)

2. Kata kunci tampilkan dengan tampilan lebih menonjol. Buat kata kunci menonjol dengan membuatnya menjadi huruf tebal, huruf miring, atau garis bawah. Mesin pencari menganggap kata-kata dengan format khusus sebagai sesuatu yang penting.

3. Jika anda ingin menampilkan gambar, usahakan kata kunci muncul dalam tag "alt" gambar. Gambar bukan hanya dapat juga mempengaruhi seo onpage blog anda tetapi dengan adanya gambar maka blog anda akan lebih terlihat menarik bagi pembaca.

4. Munculkan kata kunci dalam paragraph awal dan akhir. Mesin pencari sering lebih memperhatikan awal dan akhir konten artikel. Hal ini penting untuk meningkatkan SEO onpage Anda

5. Intenal Link atau Link antar halaman. Usahakan setiap halaman yang memiliki hubungan kesamaan konten dibuatkan link atau tautan dimana dengan internal link ini secara langsung akan memberi sinyal kepada robot crawler mesin pencari  bahwa website/blog kita adalah sebuah bangunan yang kokoh, memiliki jaringan informasi yang kuat dan penting untuk ditelusuri.

Pelengkap Optimasi SEO Onpage

Kalau semua optimasi SEO onpage di atas sudah anda lakukan, maka ada beberapa tambahan lagi yang perlu saudara perhitungkan....
  1. Pastikan konten saudara unik
  2. Pastikan juga ada link menuju label
  3. Tentunya harus ada link menuju beranda dari blo
  4. Ada artikel terkait (related post) berdasarkan label yang bisa dibaca oleh mesin pencari.
Demikian tutorial singkat tentang cara seo onpage, jika ada tambahan silahkan anda komentari di blog ini. Semoga bisa bermanfaat!
Description: Optimasi Seo OnPage
Reviewer: Wibialwis
Rating: 4.0
ItemReviewed: Optimasi Seo OnPage

No comments: