Friday, 21 February 2014

wibi alwis 02:46
Optimasi Seo Off Page-Seperti kita tahu, optimasi SEO  blog/website bisa lewat dua jalan, optimasi secara off page dan on page. Kali ini saya akan belajar lebih dahulu tentang optimasi SEO off page.

Bayangkan dalam satu hari bermunculan ratusan atau bahkan ribuan blog/website di mana di antaranya pasti ada yang membidik kata kunci yang sama dengan kita. Atas sebab itulah, pentingnya optimasi off page diadakan.

Optimasi Seo Off Page

SEO off page adalah mengoptimalkan kata kunci diluar blog kita. Banyak cara untuk untuk melakukan ini. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah berikut ini:

1. Backlink.

Raih sebanyak mungkin backlink yang mengarah ke blog/website yang Anda buat. Terutama dari blog atau website ber-pagerank tinggi (antara 2 – 7). Untuk memperolehnya bisa lewat pasang backlink di blog/website lain, di forum-forum, iklan baris, social bookmarking, artikel direktori, blog direktori,  ataupun mailing list. Situs-situs seperti itu umumnya memiliki pagerank tinggi, atau setidaknya lumayan, antara 2 – 7 peringkat.

Untuk mengetahui pagerank, Anda bisa mengeceknya di PR Checker (ketik saja di google) atau instal langsung Google Toolbar di web browser Anda.

2. Social Bookmark

Untuk yang satu ini kita sudah disediakan beberapa social bookmark untuk mempromosikan website kita, sebagai pengetahuan saja sebagian besar blogger dari luar menjadikan social bookmark sebagai kegiatan wajib bagi mereka setelah melakukan pembaruan posting pada blog mereka. Beberapa social bookmark popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.
Forum, Ini salah satu media yang bisa kita gunakan dalam promosi website kita. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah kita post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread harus sesuai dengan bahasan blog kita dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang kita pilih.

3. Artikel Directory

Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website kita itu sangat efektif untuk mendapatkan visitor.

4. Website Directory

Salah satu cara yang sebagian orang jarang lakukan adalah submit ke website directory sebenarnya ini bisa berdampak besar pada traffic blog anda, kadang pada website baru untuk berada di page 1 google sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory itu bisa terjadi karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

5. Social Media

Sekarang social media merupakan hal pokok dalam SEO, social media sekarang sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka, karena google beranggapan social media merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media itu google menganggap visitor kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita bukan robot yang sering menyusup ke website.

6. Anchor Text Link dan Oneway Backlink.

Cara ini mirip dengan cara pertama, hanya saja disini kita memiliki link yang menuju blog/website milik kita tanpa me-link balik ke blog /website yang me-link ke blog kita. Yang utama dalam link yang menuju blog/website kita adalah harus link yang berisi kata kunci yang sama dengan yang kita incar. Contoh untuk Anchor Text Link: BLOG BISNIS DAN MOTIVASI

7. Anchor Text Link dan Two way Backlink.

Pada dasarnya sama dengan cara nomor 6, hanya disini mesti ada link balik pada blog/website yang me-link ke blog/website kita. Istilahnya umumnya adalah tukar link (Link Exchange).

Satu hal lagi, dan ini yang utama, blog/webiste yang memberikan Anchor text harus relevan dengan blog/website milik kita. Contohnya blog/website yang membahas topik yang sejenis.

8. Beri komentar dengan nama kata kunci Anda.

Pada saat berkomentar di blog/website lain, usahakan mengisi nama dengan nama kata kunci yang sedang dibidik. Meski begitu, kita harus tetap memberi komentar yang memang berkualitas dan relevan dengan artikel yang Anda komentari. Sebab kalau tidak demikian akan dianggap SPAM.

Usahakan juga berkomentar di blog/website ber-pagerank tinggi. Selain komen di artikel, bisa juga menanam baclink di buku tamu.

Itulah tadi langkah-langkah dalam melakukan optimasi SEO off page. Keuntungannya, selain mendongkrak posisi blog/website kita di mesin pencari, hal itu juga otomatis akan menyumbang tambahan trafik tambahan bagi blog/website yang kita kelola.

Segala sesuatu memerlukan proses. Begitu juga dengan optimas SEO. Untuk bisa memperoleh posisi tinggi di mesin pencari mungkin akan butuh waktu yang agak lama.  Namun dengan kesabaran dan ketekunan memposting serta rajin menjalani langkah-langkah SEO baik on page atau off page, maka posisi blog/webiste akan semakin meningkat. Dengan begitu tentunya pagerank juga akan semakin meningkat.

Intinya semakin banyak kata kunci yang dihasilkan, semakin tinggi pula posisi blog/website kita di mesin pencari(search engine), untuk berbagai kata kunci.

Cara-cara optimasi SEO off page yang saya sebutkan di atas hanya sebagian dari cara-cara optimasi SEO off page. Tentunya masih banyak lagi cara yang lain. Silahkan Anda cari dan kembangkan sendiri. Mari kita sama-sama berbagi dan belajar.
Description: Optimasi Seo Off Page
Reviewer: wibi alwis
Rating: 4.0
ItemReviewed: Optimasi Seo Off Page
Newer Post
This is the last post.

No comments: