Saturday, 20 August 2016

wibi alwis 10:14
Pendidikan Menulis Bagi Anak Usia Dini-Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan lebih lanjut. Menurut Hasna (dalam Kurniasari, 2010) pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan.

Pendidikan Menulis Bagi Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan semua aspek perkembangan yang dimiliki anak dan diharapkan dengan adanya pendidikan anak usia dini dapat mengembangkan hidden potency sehingga potensi tersebut dapat teraktualisasi. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yaitu perkembangan motorik. 

Aspek motorik merupakan salah satu Manfaat Belajar Menggambar Bagi Anak tersebut melatih koordinasi gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh. Motorik tersebut dibedakan menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus (Kurniasari, 2010), untuk motorik kasar menekankan pada koordinasi tubuh yang menekankan pada gerakan otot-otot besar sedangkan motorik halus menekankan pada koordinasi otot tangan atau kelenturan tangan yang bersifat keterampilan. Perkembangan motorik halus juga dapat membantu anak dalam belajar menulis Staedtler Pensil, karena kemampuan menulis menuntut ketrampilan motorik halus yang melibatkan koordinasi jari.

Kegiatan menulis Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak dasar sudah dapat dimulai saat anak menunjukkan perilaku seperti mencoret-coret buku atau dinding, kondisi tersebut menunjukkan berfungsinya sel-sel otak yang perlu dirangsang supaya berkembang secara optimal (Depdiknas 2007: 6). Penyediaan alat tulis tidak harus kertas dengan pensil melainkan alat permainan edukatif yang dapat melatih kelenturan koordinasi jari untuk persiapan menulis dasar Staedtler Pensil, seperti menggunting, merobek, menjumput, meremas, kegiatan melatih kelenturan dimulai ketika anak berpura-pura menulis di atas kertas Staedtler Pensil, pasir atau bentuk media lainnya.

Bermain pasir adalah permainan menyenangkan bagi anak-anak dari jaman dahulu sampai sekarang. Tugas anak adalah bermain karena dengan bermain mereka akan menemukan berbagai pengalaman dan pengetahuan.  Apakah semua permainan menghasilkan pengetahuan? Hanya permainan yang mengasah aspek-aspek perkembangan, yang bisa meningkatkan pengetahuan anak dan Membuat Anak Menyukai Baca Tulis Sejak Usia Dini. Bermain pasir merupakan salah satu permainan yang mengasah kemampuan psikomotorik, kognitif, sensoris, sosial emosi, bahasa, sehingga selain bermain anak juga belajar Staedtler Pensil.
Description: Pendidikan Menulis Bagi Anak Usia Dini
Reviewer: wibi alwis
Rating: 4.0
ItemReviewed: Pendidikan Menulis Bagi Anak Usia Dini

No comments: