Monday 16 February 2015

Wibialwis 13:56
Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia-Apakah anda pernah mendengar semboyan Negara Indonesia dan apakah anda mengetahui artinya?. Saya rasa anda sudah mengetahui dan mengerti namun disini saya akan sedikit menjelaskan terkait tentang judul artikel ini yang saya rasa masih ada hubungannya. Semboyan yang berbunyi Gemah Ripah Loh Jinawi yang mempunyai arti tentram dan makmur serta sangat subur tanahnya. Namun sebagian semboyan negeri tercinta Indonesia ini sepertinya pelan-pelan tapi pasti, pergi dan  menjauh luntur dimakan zaman. 

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia
Lunturnya Gemah Ripah Loh Jinawi mungkin istilah itu bukan hisapan jempol semata saat ini. Siapa saat ini yang bisa mengatakan atau menyimpulkan Indonesia itu tentram? Dan masihkah Indonesia dikatakan sebagai negara makmur serta subur tanahnya? Sepintas jawabannya masih, tapi bila dicermati sepertinya tentram dan makmur serta subur tanahnya sudah luntur dari Indonesia. Banyak sekali daerah di Indonesia ini menggunakan istilah gemah ripah loh jinawi, dimana istilah ini sebagai gambaran daerah tersebut tentram dan makmur serta sangat subur tananhnya. Bisa juga dimaknai dengan Kemakmuran, kesenangan, kesuburan yang dinikmati oleh seluruh penduduk tanpa kecuali.


Hal yang sangat sepele namun berdampak besar, Istilah gemah ripah loh jinawi juga banyak ditemui dibuku-buku tua jaman dulu, dan ketika saya tahu arti serta maknanya sepertinya tidak lagi sesuai dengan kenyataan yang terjadi di negeri ini. Menurut saya istilah itu sudah luntur, meleleh dan lari ditelan bumi entah kemana. Untuk kata makmur akan membuat kening berkerut dan sontak berpikir, apa Indonesia masih bisa dibilang makmur? Makmur dalam bidang apa? Gampangnya kata makmur bagi saya, ya paling tidak seperti si Tegar pengamen cilik yang kini masuk dapur rekaman dan hidup makmur.

Tanah yang subur adalah dambaan setiap negara tak terkecuali Indonesi tercinta ini. Apakah yang menjadi faktor lunturnya Gepah ripah loh jinawi? jika saya jabarkan pasti akan panjang lebar dan tidak muat di artikel ini :). Itulah sekilas semboyan dari Negara tercinta ini.

Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Menindak lanjuti judul pada artikel ini yaitu Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia merupakan situs yang memberikan informasi Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia tentang dunia pertanian mulai dari Tips Pertanian, Trik Pertanian, Tutorial Pertanian Indonesia. Jika anda seorang petani silahkan anda bisa belajar dan memperdalam ilmu di situs tersebut. Namun menurut saya tampilan yang kurang elegant menjadikan situs tersebut kurang bagus, namun yang terpenting bukan tampilan tapi isi yang terdapat di situs tersebut merupakan ilmu yang bisa anda terapkan di keseharian anda sebagai Petani Indonesia.

Ada banyak informasi yang bisa anda gali dalam sektor pertanian di Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Dunia bacaan dalam media online yang praktis dan membuat setiap orang bisa membacanya melalui internet, tak beda halnya dengan Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia yang bisa diakses oleh siapa saja, anak-anak sampai orang dewasa, karena situs dengan sumber ilmu yang ditulis oleh pakar pertanian yang bisa anda manfaatkan dalam menjalankan pekerjaan anda sebagai seorang Petani Indonesia.

Ini ada sedikit kutipan artikel yang sudah terpublik disitus Jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia.
  1. Panduan pintar bertanam tanaman terong
  2. Kiat sukses budidaya tanaman wortel
  3. Prosedur menanam bibit anggrek di dalam botol
  4. Peluang usaha dan budidaya mawar merah potong
  5. Cara budidaya jamur tiram putih dengan benar
  6. Teknik bertani tanama cabe dengan menggunakan pot
  7. Teknik super bidaya tomat cherry dengan mudah
  8. Panduan lengkap cara budidaya melon di dalam pot
  9. Prinsip penggunaan lahan perencanaan
  10. Potensi tanaman Artemisia annua L. sebagai obat malaria
  11. Cara budidaya tanama cabe dengan baik (Capsicum annuum varlogum)
  12. Serangan hama Bemisia tabaci pada tanaman
  13. Teknik budidaya wortel (Daucus carrota L.) dengan benar
  14. Cara tepat budidaya kacang tanah (Arachis hypogea)
  15. Cara budidaya tanaman brokoli (Brassica oleracea L.)
  16. Keragaman kantong semar (Nephentes sp.)
  17. Teknik budidaya tanaman kangkung
  18. Cara budidaya tanaman kakao (Theobroma cacao L.)
  19. Cara budidaya bawang daun (Allium fistolosum) dengan baik
  20. Cara budidaya kelapa sawit yang baik dan praktis
  21. Metode untuk mengetahui status hara tanaman
  22. Pengertian produktivitas serasah
  23. Jenis dan fungsi mikroba penyubur tanaman, Dll
Mungkin Hanya itu saja artikel review yang bisa saya berikan, untuk info lebih lanjut tentang Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia anda bisa mengunjungi situsnya secara langsung. Semoga Bermanfaat
Description: Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia
Reviewer: Wibialwis
Rating: 4.0
ItemReviewed: Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

No comments: